Distributor Resmi PT. Natural Nusantara (NASA) Melayani Pemesanan Collaskin NASA Untuk Perawatan Kecantikan dan Perawatan Kulit Alami

Vitamin C Yang Bagus Untuk Kulit

Vitamin C merupakan nutrisi yang paling aman, efektif, sekaligus paling mudah untuk di dapatkan. Di samping itu, Vitamin C memberikan banyak manfaat penting bagi tubuh, mulai dari perannya untuk memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan kulit, hingga mencegah penuaan dini. Berikut Manfaatnya:
Vitamin C Yang Bagus Untuk Kulit

Merangsang pertumbuhan kolagen pada kulit.

Kolagen merupakan protein yang bertanggung jawab untuk membuat kulit menjadi lentur. Jadi jika Anda ingin mempertahankan kulit yang lembut, halus dan awet muda, Vitamin C dapat menjadi solusinya. Secara garis besar, buah-buahan merupakan gudangnya Vitamin yang bagus untuk kulit. Seperti yang dikutip dari Kompas.com.
Manfaat terbesar vitamin C pada kesehatan kulit adalah kemampuannya membantu pembentukan kolagen. Mengandung asam askorbat yang merupakan kunci utama untuk memproduksi kolagen sebagai protein untuk membuat kulit tetap sehat dan tak gampang kendur.

Kolagen bersama dengan elastin akan menjaga kulit tetap sehat. Kolagen menghasilkan kekenyalan dan kekuatan kulit, sementara elastin menghasilkan kelenturan.

Menurut dr.Hanny Nilasari, Sp.KK, vitamin C juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. "Prinsip kerjanya adalah menyebarkan pigmen-pigmen menjadi lebih merata sehingga kulit tampak lebih cerah," katanya.

Pada mereka yang sering terpapar sinar matahari kulit menjadi tampak lebih cokelat karena adanya pembentukan pigmen. Itu sebabnya perawatan untuk kulit yang sering terpapar sinar matahari dan polusi harus lebih intens dari biasanya.

Mengingat manfaat yang begitu besar bagi kecantikan kulit, produsen kosmetik pun berlomba-lomba membuat produk berbahan vitamin C. Mereka yang ingin hasil instan bisa memilih cara oral atau pun suntik vitamin C.

Kekurangan dari minum suplemen adalah dosisnya harus tinggi dan hasilnya tak langsung terlihat seperti halnya jika lewat suntikan atau infus. Hanny menjelaskan, suntik vitamin C pada dasarnya aman jika dosisnya dibatasi dan dibawah pengawasan dokter.

"Tetapi sebaiknya jangan berharap kulit bisa langsung putih. Paling maksimal adalah mengembalikan kulit ke warna aslinya. Yang seperti apa, bisa dilihat di bagian tubuh yang tidak banyak terpapar matahari seperti itulah warna kulit normal kita," katanya. Sebenarnya cara olesan juga terbukti efektif menghantarkan zat-zat aktif dalam produk kosmetik masuk ke dalam kulit.

Beberapa riset juga menunjukkan produk dalam bentuk oles memiliki efek signifikan memperbaiki kerusakan kulit akibat sinar matahari. Selain perawatan dari luar, Hanny menyarankan agar kita mengonsumsi banyak makanan dan minuman sumber vitamin C seperti jeruk atau kiwi.

"Konsumsi makanan sehat dan jangan merokok karena asap rokok menyebabkan kulit menjadi kasar, kering dan kusam," katanya.  

Mencerahkan kulit secara alami

Kolagen juga akan memperlancar aliran nutrisi ke kulit. Pembuluh darah yang kecil di bawah kulit membawa oksigen dan berbagai nutrisi untuk memastikan kulit tetap sehat. Tanpa asupan nutrisi yang memadai, kulit akan menjadi kasar dan kering.

Itulah mengapa banyak krim kulit yang mengandung Vitamin C, karena faktanya vitamin ini dapat menjaga elastisitas, melindungi, dan memperbaiki sel-sel kulit, sehingga tekstur dan kenampakan kulit menjadi lebih cerah.  

Menyembuhkan luka

Tubuh membutuhkan Vitamin C untuk memperbaiki dan mengganti jaringan yang rusak, yang mana akan membantu agar proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Luka luar yang lama sembuhnya bisa jadi gejala kekurangan Vitamin. Vitamin C meningkatkan elastisitas kulit dan membantu pembentukan jaringan parut dan legimen untuk mempercepat proses penyembuhan.   

Sebagai antioksidan

Seperti halnya vitamin E, Vitamin C juga merupakan antioksidan yang efektif, mampu menangkal panas sinar matahari, sehingga kulit Anda tetap aman. Selain itu, radikal bebas pun dapat di tangkal sehingga Anda yang terkena polusi, debu atau asap tetap memiliki kulit yang bagus jika rajin mengkonsumsi Vitamin ini.  

Mengatasi kulit kering

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, sebaiknya konsumsi Vitamin C secara rutin, karena mampu menahan air, sehingga kulit Anda tetap lembab dan lentur.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya Anda sering-sering lah mengkonsumsi buah dan sayur-mayur ketimbang harus melakukan suntik vitamin, karena kandungannya seimbang dengan air.

Karena sifatnya yang mudah larut dalam air, maka overdosis Vitamin C hampir tidak pernah terjadi. Vitamin C tidak disimpan dalam tubuh, sehingga Anda perlu mengkonsumsi secara rutin, baik melalui makanan atau pun suplemen. Namun disarankan agar tidak mengkonsumsi lebih dari 2.000 dalam sehari, untuk mencegah sakit perut dan diare.
Share: